Senin, 13 Mei 2013

THANK GOD IT’S POLOS


Thank God It’s Polos (T.G.I.P) adalah sebuah nama produk pakaian dimana seluruh pakaian tersebut berjenis polos (tanpa sablon). T.G.I.P diciptakan oleh tiga anak muda yang mempunyai visi dan misi berbeda namun melebur menjadi satu yaitu wirausahawan yang sukses. T.G.I.P tercipta pada 28 Oktober 2012. Namun sebelum T.G.I.P tercipta kita sudah menjalankan usaha ini sejak tahun 2011. Setelah satu tahun berjalan kita bersepakat untuk menjalankan usaha ini dengan menggunakan nama Thank God It’s Polos.
            T.G.I.P menjual berbagai macam pakaian yang berjenis polos, seperti baju, raglan, polo, jaket baseball, hoodie jumper dan hoodie zipper. Disini kami masih berpelaku sebagai reseller (orang setelah distributor). Sistem penjualan kami yaitu pre-order selama 1 Minggu. Media yang kami gunakan untuk sistem penjualan, yaitu melalui media online dan sistem 1 detik (dari mulut ke mulut).
            Kami menjual dengan harga yang sangat terjangkau pada masyarakat kalangan atas maupun bawah. Kami menerima pembelian secara lusinan yang mana harganya tersebut akan lebih murah dibandingkan dengan pembelian satuan. Pada setiap produk mempunyai harga yang berbeda-beda terkecuali untuk baju yang mempunyai juga harga yang berbeda-beda pada setiap ukurannya. Kualitas pada produk kami tidak perlu diragukan lagi, pasti anda menjadi luar biasa bagi semua yang menggunakan produk kami !

Riset dan Sistem Informasi


ABSTRAK
Manajemen Pemasaran 2
Pertemuan 1
Riset dan Sistem Informasi
A.  Riset Pemasaran

            Riset Pemasaran merupakan perancangan, pengumpulan, analisis dan pelaporan data sistematis serta temuan yang relevan terhadap situasi pemasaran tertentu yang dihadapi perusahaan. Perusahaan biasanya menentukan anggaran riset pemasaran sebesar 1% sampai 2% dari penjualan perusahaan. Persentase besar dari anggaran itu dihabiskan untuk jasa diluar perusahaan. Perusahaan riset pemasaran dapat dibagi dalam tiga kategori :

1.      Perusahaan riset yang terindikasi dengan jasa
2.      Perusahaan riset pemasaran sesuai pesanan
3.      Perusahaan riset spesialis lini
            Perusahaan kecil dapat menyewa jasa dari perusahaan riset pemasaran atau mengadakan riset dalam cara yang kreatif dan terjangkau, seperti :
1.      Melibatkan mahasiswa atau professor untuk merancang dan melaksanakan proyek
2.      Menggunakan internet
3.      Memeriksa pesaing
            Ruang Lingkup Riset Pemasaran
     Ruang lingkup ini dibagi oleh beberapa kategori :
a)      Analisis pengukuran pasar
b)      Analisis pengaruh faktor terkendali
c)      Analisis situasi persaingan

B.  Proses Riset Pemasaran
            Proses riset pemasaran terdiri dari empat langkah :
1.      Merumuskan Masalah dan Sasaran Riset
2.      Mengembangkan Rencana Riset
·         Mengumpulkan informasi sekunder
·         Merencanakan pengumpulan data primer
3.      Mengimplementasikan Rencana Riset
4.      Menginterpretasikan serta Melaporkan Hasil Temuan

C.  Sistem Informasi Pemasaran
            Sistem informasi pemasaran (SIP) terdiri dari manusia, peralatan dan prosedur untuk mengumpulkan, mengatur, menganalisis, mengevaluasi dan mendistribusikan informasi yang dibutuhkan tepat waktu dan akurat kepada pembuat keputusan pemasaran.
·         Menilai Kebutuhan Informasi
·         Mengembangkan Informasi
            Informasi yang dibutuhkan oleh manajer pemasaran dapat diperoleh dari catatan internal perusahaan, pengetahuan pemasaran, dan riset pemasaran.
·         Mendistribusikan Informasi

D.  Pentingnya Informasi Pemasaran

1.      Pemahaman Pasar dan Konsumen
2.      Aset bagi Strategi Pemasaran

Pemasaran Langsung


ABSTRAK
Manajemen Pemasaran 2
Pertemuan 6
Pemasaran Langsung
  1. Pengertian Pemasaran Langsung
Pemasaran langsung atau Direct Marketing adalah metode penjualan dimana pengiklan atau penjual mendekati pelanggan potensial secara langsung dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Contoh dari pemasaran langsung ialah penjualan lewat telepon, email diminta atau tidak diminta, dan katalog mail, leaflet, iklan outdoor, brosur dan kupon.
  1. Manfaat Pemasaran Langsung
Pemasaran langsung memberikan manfaat bagi pelanggan dalam banyak hal seperti :
a.       Rasa senang, nyaman, dan bebas dari pertengkaran
b.      Menghemat waktu
c.       Pemilihan barang dagangan tang lebih banyak
Pemasaran langsung juga memberikan manfaat untuk penjual seperti :
a.       Menekan biaya dan meningkatkan kecepatan dan efisiensi
b.      Dapat ditentukan waktunya agar menjangkau calon pelanggan pada saat yang paling tepat
  1. Basis Data Pelanggan dan Pemasaran Langsung
Basis data pelanggan adalah kumpulan yang terorganisir atas data yang menyeluruh tentang pelanggan atau calon pelanggan individu, yang meliputi data geografis, demografis, psikografis dan perilaku.
  1. Saluran-Saluran dalam Pemasaran Langsung
·         Surat Langsung
·         Pemasaran Katalog

Pasar Industri dan Perilaku Pembeli di Pasar Industri


ABSTRAK
Manajemen Pemasaran 2
Pertemuan 4
Pasar Industri dan Perilaku Pembeli di Pasar Industri

A.    Pengertian Pasar Industri
      Semua organisasi yang membeli barang atau jasa untuk digunakan memproduksi barang dan jasa lain yang dijual, disewakan, atau dipasok ke perusahaan lain yang ada. Proses pembelian di pasar industri, yaitu proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pembeli pasar industri untuk menetapkan kebutuhan akan produk dan jasa yang harus dibeli dan untuk mengidentifikasikan, mengevaluasi, dan memilih dari berbagai alternatif merek dan pemasok.
            Karakteristik Pasar Industri
1. Struktur dan Permintaan Pasar
2. Sifat unit pembelian
3. Berbagai tipe Keputusan dan Proses Pengambilan Keputusan
B.    Perilaku Pembeli Pasar Industri
·         Pembelian ulang sepenuhnya
·         Pembelian ulang dengan modifikasi
·         Tugas Baru
·         Pembelian sistem








            Peserta Proses Pembelian di Pasar Industri
  • Pemakai
  • Pemberi Pengaruh
  • Pengambil Keputusan
  • Penjaga Gawang
Pengaruh Utama yang dihadapi Pembeli di Pasar Industri
  1. Faktor-faktor lingkungan
  2. Faktor-faktor organisasi
  3. Faktor-faktor antar pribadi
  4. Faktor-faktor individu
Proses Pembelian di Pasar Industri
  1. Pengenalan Masalah
  2. Penjabaran Kebutuhan secara Umum
  3. Spesifikasi Produk
  4. Analisis Nilai
  5. Pencarian Pemasok
  6. Pengumpulan Proposal
  7. Pemilihan Pemasok
  8. Spesifikasi Pesanan Rutin
  9. Penilaian Kinerja



C.   Pasar Kelembagaan & Pemerintah
Pasar Kelembagaan
Pasar institusi adalah pasar yang memfasilitasi masyarakat yang mereka pelihara, seperti rumah sakit, sekolah, dan institusi lain. Setiap institusi ini memiliki sponsor yang berbeda, memiliki anggaran yang minimal dan pelanggan yang pasti.
Pasar Pemerintah
Pasar pemerintah adalah pasar dimana terdapat lembaga-lembaga pemerintah seperti departemen-departemen, direktorat, kantor-kantor dinas dan instansi lain.