Senin, 10 Oktober 2011

Pengertian Ilmu Alamiah Dasar


Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science) merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. IAD hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja.

Ilmu merupakan bagian dari pengetahuan manusia . Ada sejumlah istilah yang berkaitan dengan pengetahuan dan ilmu. Istilah itu berasal dari Eropa daratan, yaitu dari Belanda dan Jerman serta ada yang berasal dari Inggris dan Amerika Serikat . Kedua istilah itu masuk ke Indonesia pada zaman yang berbeda . Istilah dari Belanda dan Jerman adalah wetenschaap (wissenschaft) menjadi ilmu pengetahuan . Sedangkan, istilah dari Inggris dan Amerika adalah science and technology menjadi ilmu dan teknologi serta scientific knowledge menjadi pengetahuan ilmiah. Ilmu pengetahuan sama dengan ilmu dan teknologi sehingga kini muncul istilah ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).
Ilmu Pengetahuan mempunyai kriteria yang dipenuhi dengan : teratur, sistemastis, berobyek, bermetoda dan berlaku secara universal. Contoh: logam yang dipanasi memuai dimana saja tempatnya sama, grafitasi bumi, dll.
Ilmu alamiah juga dapat dikatakan ilmu yang bertujuan untuk membentuk dan menggunakan teori. Ilmu alamiah hanya dapat mengemukakan bukti kebenaran sementara dengan kata lain untuk kebenaran sementara adalah “Teori”. Karena tidak ada sesuatu yang mutlak tetapi terus mengalami perubahan (contoh teori tentang bumi ini bulat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar