Senin, 13 Mei 2013

Kepiting Asam Pedas



            Saya mempunyai makanan favorit yang sangat tidak asing. Makanan merupakan salah satu jenis makanan sea food dan pastinya sangat lah lezat. Makanan tersebut yaitu, kepiting asam pedas. Saking saya sangat menyukai kepiting asam pedas ini, saya belajar untuk membuatnya sendiri di rumah yang tentunya ditemani oleh ibu saya. Makanan ini tidak cukup lah murah apabila saya membeli di suatu restoran sea food oleh karena itu saya dan ibu saya berinsiatif untuk belajar membuatnya sendiri dirumah untuk menghemat biaya.
            Disini saya akan sedikit menjelaskan cara membuat kepiting asam pedas ala saya dan ibu saya, yaitu :
1.      Bahan :
·         3 ekor kepiting
·         500 ml air, untuk kuah
·         3 sdm minyak
2.      Bumbu yang dihaluskan :
·         4 siung bawang merah
·         2 siung bawang putih
·         12 buah cabai merah
·         1 sdt garam
3.      Bumbu lainnya :
·         2 sdm air jeruk nipis
·         1 batang daun bawang, diiris
·         1 batang serai, dimemarkan
·         3 lembar daun jeruk
·         3 cm lenkuas, dimemarkan
·         1 sdt kecap ikan
·         ½ sdt gula putih
4.      Cara membuat :
Rebus Kepiting hingga dagingnya matang. Buka tempurungnya dan buang insangnya, lalu potong menjadi empat bagian. Rebus air hingga mendidih, masukkan kepiting dan bumbu yang sudah dihaluskan. Biarkan hingga mendidih kembali.
Tumis serai, daun jeruk, dan lenhkaus hingga harum. Tambahkan kecap ikan dan daun bawang, tumis sebentar, angkat. Masukkan tumisan bumbu dan gula putih ke dalam rebusan kepiting. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap, masukkan air jeruk nipis, aduk sebentar, langsung angkat, dan sajikan dalam keadaan hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar