Senin, 13 Mei 2013

Pasar Konsumen


ABSTRAK
Manajemen Pemasaran 2
Pertemuan 2
Pasar Konsumen
I.     Pengertian Pasar Konsumen
            Pengertian pasar secara sempit adalah suatu tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli dan jasa. Sedangkan pengertian pasar secara luas adalah tempat bertemunya penjual yang mempunyai kemampuan untuk menjual barang atau jasa dan pembeli yang mengeluarkan uang untuk membeli barang dengan harga tertentu. Pengertian pasar secara khusus adalah :
  1. Sebagai sarana distribusi
  2. Sebagai sarana harga
  3. Sebagai sarana promosi
            Pasar konsumen adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang atau jasa untuk konsumen pribadi.
II.     Model Penilaian Konsumen
            Model Penilaian konsumen adalah suatu cara atau proses yang dilakukan oleh setiap konsumen sebelum mereka melakukan keputusan untuk membeli suatu barang atau menggunakan suatu jasa untuk memenuhi kepuasan mereka.
            Macam-macam model penilaian konsumen atau proses yang dilakukan konsumen untuk mengambil keputusan :
  1. Penilaian “Complex Decision Making”
  2. Penilaian “Brand Loyality”
  3. Penilaian “limited Decision Making”
  4. Penilaian “Intertia”
III.     Karakteristik yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
            Perilaku konsumen adalah suatu tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan pencarian untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki suatu produk dan jasa mereka. Focus dari perilaku konsumen adalah bagaimana individu membuat keputusan untuk menggunakan sumber daya mereka yang telah tersedia untuk mengkonsumsi suatu barang.
            Ada 2 wujud konsumen, yaitu :
  1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri.
  2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.
            Karakteristik pribadi yang mempengaruhi perilaku konsumen :
  • Umur
  • Pekerjaan
  • Situasi Ekonomi
  • Kepribadian
IV.     Tipe Perilaku Pembelian Konsumen
            Tipe perilaku pembelian konsumen berdasarkan tingkat keterlibatan pembelian dan tingkat perbedaan diantara merek, yang terdiri dari :
  1. Perilaku Pembelian Kompleks
Terjadi ketika mereka sangat terlibat dalam pembelian dan mempunyai persepsi yang signifikan mengenai perbedaan diantara merek.
  1. Perilaku Pembelian Pengurangan Disonasi
Terjadi ketika konsumen mempunyai keterlibatan yang tinggi dengan pembelian yang mahal, tidak sering atau beresiko, namun melihat sedikit perbedaan antar merek.
  1. Perilaku Pembelian Kebiasaan
Terjadi dalam kondisi dimana konsumen mempunyai keterlibatan rendah dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antar merek.
  1. Perilaku Pembelian Pencarian Variasi
Terjadi ketika konsumen mempunyai tingkat keterlibatan yang rendah tetapi mempersepsikan adanya perbedaan merek yang signifikan.

1 komentar: