ABSTRAK
One to One Marketing
Pertemuan 7
Pengertian One to One
Marketing
Pemasaran satu–per-satu (one-to-one marketing), sama seperti
upaya pemasaran personal yang diprakasai oleh Harrah’s Entertainment, mewakili
ide yang revolusioner dalam bidang pemasaran saat ini: komunikasi dengan
konsumen secara individual, berbasis one-to-one. dari pengecer sampai ke
pabrikan produk konsumen sampai ke pedagang bisinis ke bisnis, didorong untuk
melihat konsumen mereka sebagai kesatuan individu dibandingkan dengan sebagai
pasar masal.
Mengapa One-to-One
Marketing Membutuhkan Teknologi Database
Bagaimana pemasar dapat benar-benar berkomunikasi dengan
konsumen mereka seorang dalam suatu waktu? Bagaimana perusahaan besar seperti
Federal Express atau Harrah’s Entertainment berkomunikasi dengan masing-masing
dan setiap orang dari ribuan atau jutaan konsumen dalam tingkat individu
semacam itu?
Jawaban tersebut terdapat dalam teknologi database. Pada
dasarnya, one-to-one marketing tidak lebih dari hubungan yang digarap oleh
seorang tenaga penjual dengan konsumen. Seorang tenaga penjual yang sukses
membangun hubungan setiap waktu, berpikir secara konstan tentang kebutuhan dan
keinginan konsumen, dan memperhatikan trend dan pola sejarah pembeli konsumen.
One to One Marketinga
dengan Internet
Dengan munculnya alternatif media baru dan bervariasi,
periklanan media massa tidak pernah akan sama. Pemasar harus terus-menerus
membagi uang dolar untuk iklan di antara bermacam media yang tersedia,
konsentrasi pada yang akan membawa mereka untuk menghasilkan uang yang banyak.
Meskipun periklanan media massa pada jaringan televisi atau melalui majalah
minat umum akan selalu memainkan peranan penting dalam mengkomunikasikan pesan
merek, hal itu tidak akan lagi menjadi sumber yang dominan seperti dulu.
Proses Komunikasi
Pemasaran
(1) pemasar
one-to-one, pengirim, membuat sandi pesan secara individual bagi para pelanggan
dan calon yang diidentifikasi dari database;
(2) pesan kemudian disampaikan melalui saluran komunikasi
langsung, seperti surat langsung, seorang petugas penjualan, pemasaran melalui
telepon, atau langsung melalui Internet;
(3) pelanggan atau calon pelanggan, penerima, menerjemahkan
pesan secara personal;
(4) pelanggan atau calon pelanggan merespons komunikasi
tersebut dlaam bentuk suatu respons, pembelian, atau komunikasi lainnya;
(5) pemasar one-to-one menangkap respons, mengembalikannya
kepada database pemasaran di mana dapat membantu membentuk komunikasi pemasaran
berikutnya.
Kekuatan Yang
Mempengaruhi One to One Marketing
Kekuatan yg mempengaruhi One-to-one marketing adalah
didasarkan pada konsumen, informasi yang intensif, dan orientasi jangka
panjang, metode pemasaran individu yang memfokuskan pada bagian konsumen
dibandingkan sebagai bagian pasar. Sedangkan para pemasar masal mengembangkan
suatu produk dan mencoba mendapatkan sejumlah konsumen untuk produk tersebut,
para pemasar one-to-one mengembangkan seorang konsumen dan mencoba menemukan
sejumlah produk untuk konsumen tersebut
Keuntungan dari
One-to-One Marketing
-
Kemampuan untuk mengidentifikasi para pelanggan yang
paling banyak dan paling sedikit menguntungkan
-
Kemampuan untuk menciptakan hubungan jangka panjang
dengan para pelanggan
-
Kemampuan untuk upaya pemasaran sasaran hanya kepada
orang yang kemungkinan tertarik
-
Kemampuan untuk menaujarkan pesan yang beragam bagi
konsumen yang berbeda
-
Meningkatkan pengetahuan mengenai para pelanggan dan
colon pelanggan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar