Senin, 13 Mei 2013

One to One Marketing


ABSTRAK

One to One Marketing

Pertemuan 7

Pengertian One to One Marketing
Pemasaran satu–per-satu (one-to-one marketing), sama seperti upaya pemasaran personal yang diprakasai oleh Harrah’s Entertainment, mewakili ide yang revolusioner dalam bidang pemasaran saat ini: komunikasi dengan konsumen secara individual, berbasis one-to-one. dari pengecer sampai ke pabrikan produk konsumen sampai ke pedagang bisinis ke bisnis, didorong untuk melihat konsumen mereka sebagai kesatuan individu dibandingkan dengan sebagai pasar masal.

Mengapa One-to-One Marketing Membutuhkan Teknologi Database
Bagaimana pemasar dapat benar-benar berkomunikasi dengan konsumen mereka seorang dalam suatu waktu? Bagaimana perusahaan besar seperti Federal Express atau Harrah’s Entertainment berkomunikasi dengan masing-masing dan setiap orang dari ribuan atau jutaan konsumen dalam tingkat individu semacam itu?
Jawaban tersebut terdapat dalam teknologi database. Pada dasarnya, one-to-one marketing tidak lebih dari hubungan yang digarap oleh seorang tenaga penjual dengan konsumen. Seorang tenaga penjual yang sukses membangun hubungan setiap waktu, berpikir secara konstan tentang kebutuhan dan keinginan konsumen, dan memperhatikan trend dan pola sejarah pembeli konsumen.

One to One Marketinga dengan Internet
Dengan munculnya alternatif media baru dan bervariasi, periklanan media massa tidak pernah akan sama. Pemasar harus terus-menerus membagi uang dolar untuk iklan di antara bermacam media yang tersedia, konsentrasi pada yang akan membawa mereka untuk menghasilkan uang yang banyak. Meskipun periklanan media massa pada jaringan televisi atau melalui majalah minat umum akan selalu memainkan peranan penting dalam mengkomunikasikan pesan merek, hal itu tidak akan lagi menjadi sumber yang dominan seperti dulu.

Proses Komunikasi Pemasaran
 (1) pemasar one-to-one, pengirim, membuat sandi pesan secara individual bagi para pelanggan dan calon yang diidentifikasi dari database;
(2) pesan kemudian disampaikan melalui saluran komunikasi langsung, seperti surat langsung, seorang petugas penjualan, pemasaran melalui telepon, atau langsung melalui Internet;
(3) pelanggan atau calon pelanggan, penerima, menerjemahkan pesan secara personal;
(4) pelanggan atau calon pelanggan merespons komunikasi tersebut dlaam bentuk suatu respons, pembelian, atau komunikasi lainnya;
(5) pemasar one-to-one menangkap respons, mengembalikannya kepada database pemasaran di mana dapat membantu membentuk komunikasi pemasaran berikutnya.

Kekuatan Yang Mempengaruhi One to One Marketing
Kekuatan yg mempengaruhi One-to-one marketing adalah didasarkan pada konsumen, informasi yang intensif, dan orientasi jangka panjang, metode pemasaran individu yang memfokuskan pada bagian konsumen dibandingkan sebagai bagian pasar. Sedangkan para pemasar masal mengembangkan suatu produk dan mencoba mendapatkan sejumlah konsumen untuk produk tersebut, para pemasar one-to-one mengembangkan seorang konsumen dan mencoba menemukan sejumlah produk untuk konsumen tersebut

Keuntungan dari One-to-One Marketing
-          Kemampuan untuk mengidentifikasi para pelanggan yang paling banyak dan paling sedikit menguntungkan
-          Kemampuan untuk menciptakan hubungan jangka panjang dengan para pelanggan
-          Kemampuan untuk upaya pemasaran sasaran hanya kepada orang yang kemungkinan tertarik
-          Kemampuan untuk menaujarkan pesan yang beragam bagi konsumen yang berbeda
-          Meningkatkan pengetahuan mengenai para pelanggan dan colon pelanggan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar