Senin, 13 Mei 2013

Pasar Industri dan Perilaku Pembeli di Pasar Industri


ABSTRAK
Manajemen Pemasaran 2
Pertemuan 4
Pasar Industri dan Perilaku Pembeli di Pasar Industri

A.    Pengertian Pasar Industri
      Semua organisasi yang membeli barang atau jasa untuk digunakan memproduksi barang dan jasa lain yang dijual, disewakan, atau dipasok ke perusahaan lain yang ada. Proses pembelian di pasar industri, yaitu proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pembeli pasar industri untuk menetapkan kebutuhan akan produk dan jasa yang harus dibeli dan untuk mengidentifikasikan, mengevaluasi, dan memilih dari berbagai alternatif merek dan pemasok.
            Karakteristik Pasar Industri
1. Struktur dan Permintaan Pasar
2. Sifat unit pembelian
3. Berbagai tipe Keputusan dan Proses Pengambilan Keputusan
B.    Perilaku Pembeli Pasar Industri
·         Pembelian ulang sepenuhnya
·         Pembelian ulang dengan modifikasi
·         Tugas Baru
·         Pembelian sistem








            Peserta Proses Pembelian di Pasar Industri
  • Pemakai
  • Pemberi Pengaruh
  • Pengambil Keputusan
  • Penjaga Gawang
Pengaruh Utama yang dihadapi Pembeli di Pasar Industri
  1. Faktor-faktor lingkungan
  2. Faktor-faktor organisasi
  3. Faktor-faktor antar pribadi
  4. Faktor-faktor individu
Proses Pembelian di Pasar Industri
  1. Pengenalan Masalah
  2. Penjabaran Kebutuhan secara Umum
  3. Spesifikasi Produk
  4. Analisis Nilai
  5. Pencarian Pemasok
  6. Pengumpulan Proposal
  7. Pemilihan Pemasok
  8. Spesifikasi Pesanan Rutin
  9. Penilaian Kinerja



C.   Pasar Kelembagaan & Pemerintah
Pasar Kelembagaan
Pasar institusi adalah pasar yang memfasilitasi masyarakat yang mereka pelihara, seperti rumah sakit, sekolah, dan institusi lain. Setiap institusi ini memiliki sponsor yang berbeda, memiliki anggaran yang minimal dan pelanggan yang pasti.
Pasar Pemerintah
Pasar pemerintah adalah pasar dimana terdapat lembaga-lembaga pemerintah seperti departemen-departemen, direktorat, kantor-kantor dinas dan instansi lain.

1 komentar:

  1. terimakasih..........
    telah membantu saya dalam mengerjakan tugas manajemen pemasaran lanjutan

    BalasHapus