Senin, 13 Mei 2013

Perilaku Pembelian Konsumen


ABSTRAK
Manajemen Pemasaran 2
Pertemuan 3
Perilaku Pembelian Konsumen
  1. Perilaku Pembelian Konsumen
Perilaku pembelian konsumen akhir (individu dan rumah tangga) yang membeli barang atau jasa untuk konsumsi pribadi
  1. Tipe Perilaku Pembelian Konsumen
a.       Perilaku pembelian kompleks
b.      Perilaku pembelian pengurangan disonasi
c.       Perilaku pembelian kebiasaan
d.      Perilaku pembelian pencarian variasi
3.      Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
a.       Faktor kebudayaan
b.      Faktor sosial
c.       Faktor pribadi
d.      Faktor psikologi
  • Proses pengambilan keputusan (untuk membeli atau tidak membeli) oleh konsumen meliputi kegiatan :
a.       Pengenalan kebutuhan
b.      Pencarian informasi
c.       Pengevaluasi alternatif
d.      Keputusan pembelian
e.       Perilaku setelah pembelian


  • Proses Keputusan Pembelian Produk Baru
Produk baru adalah barang, jasa atau ide yang dianggap oleh sebagai calon konsumen sebagai hal yang baru. Dalam pengambilan keputusan produk baru ini melalui proses adopsi yaitu proses mental yang dijalani oleh individu melewati dari pertama mempelajari inovasi tertentu hingga ke adopsi akhir.
  • Tahap-tahap Proses Adopsi
1.      Kesadaran
2.      Ketertarikan
3.      Pengevaluasian
4.      Percobaan
5.      Pengadopsiaan
  • Pengaruh Karakteristik Produk terhadap Tingkat Pengadopsian
1.      Keunggulan relatif
2.      Kompatibilitas
3.      Kompleksitas
4.      Divisibilitas
5.      Komunikabilitas
  • Perilaku Konsumen Luar Negeri
Di dalam kegiatan ekonomi, konsumen berperan sebagai pengguna atau pemakai barang maupun jasa yang dihasilkan oleh pelaku ekonomi yang lain.
Peranan masing-masing pelaku ekonomi yaitu sebagai berikut :
a.       Rumah Tangga Konsumen
b.      Rumah Tangga Produsen
c.       Pemerintah
d.      Rumah Tangga Luar Negeri

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar