Senin, 13 Mei 2013

Pemasaran Langsung


ABSTRAK
Manajemen Pemasaran 2
Pertemuan 6
Pemasaran Langsung
  1. Pengertian Pemasaran Langsung
Pemasaran langsung atau Direct Marketing adalah metode penjualan dimana pengiklan atau penjual mendekati pelanggan potensial secara langsung dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Contoh dari pemasaran langsung ialah penjualan lewat telepon, email diminta atau tidak diminta, dan katalog mail, leaflet, iklan outdoor, brosur dan kupon.
  1. Manfaat Pemasaran Langsung
Pemasaran langsung memberikan manfaat bagi pelanggan dalam banyak hal seperti :
a.       Rasa senang, nyaman, dan bebas dari pertengkaran
b.      Menghemat waktu
c.       Pemilihan barang dagangan tang lebih banyak
Pemasaran langsung juga memberikan manfaat untuk penjual seperti :
a.       Menekan biaya dan meningkatkan kecepatan dan efisiensi
b.      Dapat ditentukan waktunya agar menjangkau calon pelanggan pada saat yang paling tepat
  1. Basis Data Pelanggan dan Pemasaran Langsung
Basis data pelanggan adalah kumpulan yang terorganisir atas data yang menyeluruh tentang pelanggan atau calon pelanggan individu, yang meliputi data geografis, demografis, psikografis dan perilaku.
  1. Saluran-Saluran dalam Pemasaran Langsung
·         Surat Langsung
·         Pemasaran Katalog

2 komentar: