Senin, 13 Mei 2013

Segmentasi Pasar


ABSTRAK
Manajemen Pemasaran 2
Pertemuan 5
Segmentasi Pasar
  1. Pengertian Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar itu adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda
  1. Langkah-langkah Membidik Pasar
a.      Segmentasi Pasar
Ada empat kriteria yang harus dipenuhi segmen pasar agar proses segmentasi pasar dapat dijalankan dengan efektif dan bermanfaat bagi perusahaan, yaitu :
·         Measurable
·         Accessible
·         Substantial
·         Actjonable
b.      Penetapan Pasar Sasaran (Target Market)
c.       Bauran Pemasaran
Keempat unsur atau variabel bauran pemasaran (Marketing Mix) tersebut atau yang disebut 4P adalah sebagai berikut :
·         Strategi Product (Produk)
·         Strategi Price (Harga)
·         Strategi Penyaluran/Distribusi
·         Strategi Promotion
  1. Memposisikan Produk dalam Jangka Medapatkan Keunggulan Bersaing yang Maksimum
a)      Potensi Keunggulan Bersaing
b)      Posisi Keunggulan Bersaing
c)      Kinerja yang dihasilkan atau perfomance outcomes
  1. Mengidentifikasi Segmen-Segmen Pasar yang Menarik Perhatian dan Memiliki Strategi
·         Strategi Geografis
·         Strategi Demografis
·         Strategi Psikografis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar