Senin, 13 Mei 2013

Riset dan Sistem Informasi


ABSTRAK
Manajemen Pemasaran 2
Pertemuan 1
Riset dan Sistem Informasi
A.  Riset Pemasaran

            Riset Pemasaran merupakan perancangan, pengumpulan, analisis dan pelaporan data sistematis serta temuan yang relevan terhadap situasi pemasaran tertentu yang dihadapi perusahaan. Perusahaan biasanya menentukan anggaran riset pemasaran sebesar 1% sampai 2% dari penjualan perusahaan. Persentase besar dari anggaran itu dihabiskan untuk jasa diluar perusahaan. Perusahaan riset pemasaran dapat dibagi dalam tiga kategori :

1.      Perusahaan riset yang terindikasi dengan jasa
2.      Perusahaan riset pemasaran sesuai pesanan
3.      Perusahaan riset spesialis lini
            Perusahaan kecil dapat menyewa jasa dari perusahaan riset pemasaran atau mengadakan riset dalam cara yang kreatif dan terjangkau, seperti :
1.      Melibatkan mahasiswa atau professor untuk merancang dan melaksanakan proyek
2.      Menggunakan internet
3.      Memeriksa pesaing
            Ruang Lingkup Riset Pemasaran
     Ruang lingkup ini dibagi oleh beberapa kategori :
a)      Analisis pengukuran pasar
b)      Analisis pengaruh faktor terkendali
c)      Analisis situasi persaingan

B.  Proses Riset Pemasaran
            Proses riset pemasaran terdiri dari empat langkah :
1.      Merumuskan Masalah dan Sasaran Riset
2.      Mengembangkan Rencana Riset
·         Mengumpulkan informasi sekunder
·         Merencanakan pengumpulan data primer
3.      Mengimplementasikan Rencana Riset
4.      Menginterpretasikan serta Melaporkan Hasil Temuan

C.  Sistem Informasi Pemasaran
            Sistem informasi pemasaran (SIP) terdiri dari manusia, peralatan dan prosedur untuk mengumpulkan, mengatur, menganalisis, mengevaluasi dan mendistribusikan informasi yang dibutuhkan tepat waktu dan akurat kepada pembuat keputusan pemasaran.
·         Menilai Kebutuhan Informasi
·         Mengembangkan Informasi
            Informasi yang dibutuhkan oleh manajer pemasaran dapat diperoleh dari catatan internal perusahaan, pengetahuan pemasaran, dan riset pemasaran.
·         Mendistribusikan Informasi

D.  Pentingnya Informasi Pemasaran

1.      Pemahaman Pasar dan Konsumen
2.      Aset bagi Strategi Pemasaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar