Senin, 13 Mei 2013

Pasar Global


ABSTRAK

Pasar Global

Pertemuan 9

PASAR GLOBAL

            Industri global adalah industri dimana posisi strategis para pesaing dalam pasar geografis atau pasar nasional utama pada dasarnya dipengaruhi oleh posisi global mereka secara keseluruhan. Perusahaan global adalah suatu perusahaan yang beroperasi dilebih dari satu negara serta miliki keunggulan produk, logistik, pemasaran dan keuangan dalam biaya dan reputasi perusahaan yang tidak dimiliki oleh pesaing domestik murni.

            Apabila anda sebagai pemasar, maka ada lima fungsi kunci yang harus diperhatikan di pemasaran global, yaitu :

  • Memperkuat merk
  • Mengukur kefektifan pemasaran
  • Mengarah pengembangan produk baru yang didasarkan atas kebutuhan pelanggan
  • Mengumpulkan ide-ide dari pelanggan
  • Menggunakan teknologi pemasaran yang baru

            Di pemasaran global abab 21 ini, pasar tidak lagi seperti dulu, pemasar harus memperhatikan dan merespon sejumlah perkembangan signifikan sebagai realitas pemasaran baru diantaranya :

  • Kekuatan kemasyarakatan utama
  • Kemampuan baru konsumen
  • Kemampuan baru perusahaan

            Beberapa cara memasuki pasar global (internasional) ekspansi internasional dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain :

  • Ekspor
  • Pemberian lisensi
  • Aliansi strategis
  • Akuisisi
  • Anak perusahaan baru yang dimiliki sepenuhnya

ORGANISASI DALAM PASAR GLOBAL

  • Departmen ekspor
  • Departmen internasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar