ABSTRAK
Pasar Global
Pertemuan 9
PASAR GLOBAL
Industri global adalah
industri dimana posisi strategis para pesaing dalam pasar geografis atau pasar
nasional utama pada dasarnya dipengaruhi oleh posisi global mereka secara
keseluruhan. Perusahaan global adalah suatu perusahaan yang beroperasi dilebih
dari satu negara serta miliki keunggulan produk, logistik, pemasaran dan
keuangan dalam biaya dan reputasi perusahaan yang tidak dimiliki oleh pesaing
domestik murni.
Apabila anda sebagai
pemasar, maka ada lima fungsi kunci yang harus diperhatikan di pemasaran
global, yaitu :
- Memperkuat merk
- Mengukur kefektifan pemasaran
- Mengarah pengembangan produk baru yang didasarkan atas kebutuhan pelanggan
- Mengumpulkan ide-ide dari pelanggan
- Menggunakan teknologi pemasaran yang baru
Di pemasaran global abab
21 ini, pasar tidak lagi seperti dulu, pemasar harus memperhatikan dan merespon
sejumlah perkembangan signifikan sebagai realitas pemasaran baru diantaranya :
- Kekuatan kemasyarakatan utama
- Kemampuan baru konsumen
- Kemampuan baru perusahaan
Beberapa cara memasuki
pasar global (internasional) ekspansi internasional dapat dilakukan dengan
beberapa cara, antara lain :
- Ekspor
- Pemberian lisensi
- Aliansi strategis
- Akuisisi
- Anak perusahaan baru yang dimiliki sepenuhnya
ORGANISASI DALAM PASAR
GLOBAL
- Departmen ekspor
- Departmen internasional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar